Teknologi Masa Depan di Tahun 2020

Teknologi Masa Depan di Tahun 2020

Teknologi diciptakan untuk memudahkan aktivitas manusia . Teknologi pun berkembang setiap saatnya . Bisa dikatakan , inovasi di bidang teknologi ini tidak ada habisnya . Hal ini karena para ilmuwan terus berusaha mengembangkan teknologi yang telah ada menjadi lebih canggih dan modern . Para inventor pun telah merancang teknologi hebat lain nya di masa depan . Ada banyak teknologi yang akan hadir di tahun 2020 . Beberapa teknologi masa depan di tahun 2020 , yaitu

1.Pembaca Sidik Jari Pada Mobil .

Kemajuan teknologi membuat perusahaan berlomba untuk saling menciptakan perangkat baru yang lebih canggih . Tidak lama lagi kita bisa menemukan mobil yang dinyalakan tanpa kunci . Dikutip dari IDN Times , agar lebih aman bisa jadi tahun 2020 pengendara harus melengkapi pembaca sidik jari , scan retina , atau bahkan deteksi ekspresi wajah .

Dikutip dari Slash Gear , teknologi sidik jari akan menjadi bagian dari dunia otomatif , yang mana teknologi pengenalan sidik jari personal ini akan di tawarkan sebagai alat yang memberi kemudahan dan keamanan . Pada sistem ini seluruh pengoprasian mulai dari membuka pintu , menghidupkan mesin menggunakan tombol start engine , menghidupkan aplikasi pada layar monitor hingga bebagai informasi yang terdapat pada mobil harus memiliki izin otentikasi melalui pengenalan sidik jari pemiliknya .

2. The Humanized Internet .

Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan manusia karena bisa merinngankan berbagai aktivitas mereka . Semua komponen dalam internet tidak bisa dipisahkan manusia yang mengoperasikannya . Internet pun semakin berkembang . Saat ini kita bahkan menggunakan teknologi 4G . Di masa depan nanti , Internet makin canggih dengan dilengkapi kemamouan pemahaman pola pikir dan kebutuhan dari penggunanya . Dengan memasukan sisi humanis , hal ini akan membuat pengguna internet lebih optimal .

3. Iklan Dalam Lokasi Mobil .

Saat ini kita melihat iklan yang terpapar melalui telivisi , billiboard , search engine internet , sampai di media sosial seperti facebook atau twiter . Dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat , di tahun 2020 mobil akan terkoneksi penuh dengan internet . Dikutip dari IDN Times  , bukan tidak mungkin jika mobil akan membaca behavior si pengemudi dan menampilakan iklan berdasarkan lokasi mobil .

Teknologi Masa Depan

4. Aspal Yang Langsung Menyerap Air .

Baton menjadi pilihan banyak kontraktor yang digunakan untuk pembangunan gedung atau jalan karena sidatnya yang kuat dan tahan lama . Ada satu beton yang berbeda dari kebanyakan beton ,yitu Permeable Topmix . Diikuti dari kompas , beton satu ini dirancang untuk menjadi penutup permukaan dengan penyerap super yang memungkinkan air terserap ketika melaluinya . Hal itu menghindari air menggenang di atasnya sehingga bisa menjadi upaya memerangi banjir .

Material yang sedang diuji di sebuah lahan parkir ini mampu menyerap 880 galon (4.000 liter ) air dalam waktu sekitar satu menit . Sebagian besar air menghilang segera setelah menyentuh permukaan . Penemu Permeable Topmix , Lafarge Tarmac mengatakan beton berpoti memungkinkan air di permukaan terkuras bahkan sampai volume air besar dan dengan curah yang tinggi .

Selama periode temperatur yang tinggi dan musim hujan yang intens , beton ini dapat membantu untuk menunda debit air permukaan ke dalam sistem drainese sehingga mengurangi risiko berlebihan air dan bahkan banjir bandang . Konsep berpori telah dibicarakn sekitar selama hampir 60 tahun dan sering digunakan di bawah aspal untuk membantu bantuan drainese .

Namun , Tarmac mengklaim kemajuan dalam konsep beton berpori dapat dipadatkan seperti sekarang dan telah memungkinkan beton ini digunakan sebagai permukaan , serta mampu menahan mobil . Tamac juga mengklaim beton berpori sangat ideal untuk daerah besar dimana air dapat menjadi masalah , misalnya teman atau jalan masuk tergenang .

5 .¬† Gelang ”Circet”

Memiliki gelang yang dapat dijadikan smartphone bukan lagi sekedar isapan jempol . Karena kini sebuah perusahaan teknologi di Prancis , merancang sebuah gelang yang bisa dijadikan smartphone yaitu Circet Bracelet . Artinya , ketika kita memakai gelang tersebut , maka laya smartphone akan muncul di kulit kita . Gelang ini dapat memancarkan proyektor dan bisa di sentuh layaknya smartphone .

Dilansir , meski terlihat seperti gelang biasa , namun di dalamanya terdapat Pico Projector , delapan buah sensor gerak dan sensor akselerometer serta fungsi getar . Gelang yang dapat memproyeksi tampilan layar smartphone ini juga di lengkapi dengan

LED notifikasi , koneksi WIFI , BLUETOOTH , dan port mini USB , Kapasitas memory yang tersedia di dalam nya sebesar 16GB dan 32GB .

6. Tampilan Holografis .

Tampilan holografis saat ini semakin dekat dengan realisasi . Satu perusahaan di California yang bernamma Ostendo sedang mengembangkan sebuah chipset yang dapat memproyeksikan video di seuah bidang diagonal sebesar 48 inci , jika digabungkan , proyektor-proyektor ini dapat membuat gambar yang lebih kompleks , bahkan keyboard proyeksi sudah direalisasikan .

HP sedang mengembangkan interface 3D untuk smartphone dan ada rumor bahwa IPHONE generasi selanjutnya mempunyai fitur interface holografis dimensi ataupun 2 dimensi .

Sebuah perusahaan China berna,a Takee bahkan sudah meluncurkan smartphone yang bisa menampilkan gambar 3D dengan cara mendeteksi pergerakan mata penggunanya . Smartphone ini bahkan bisa merespon pergerkan jari , sehingga pengguna dapat menggunakannya tanpa harus menyentuh layar . Bayangkan saja bagaimana teknologi ini berkembang 5 tahun kedepan .

7 . Teknologi 4K .

Tidak hanya tv , broadcast , streaming media dan bioskop akan mengadopsi standar 4K (ultra High Definition) di 2020 atau paling tidak menurut survei yang baru-baru ini dilakukan oleh operator satelit intelset , hampir 2/3 responden berpendapat bahwa 4k akan menjadi umum dalam 5 tahun .

Saat ini , cukup sulit untuk menemukan konten yang mempunyai resolusi 4k untuk ditampilkan pada display4k . Itu karena pembuat hardware dan software sedang menyiapkan standar proteksi konten dari pembajakan , ini akan berakibat pada mahalnya harga di pasaran . Tapi ,seiring dengan semakin umumnya teknologi tersebut harganya akan menurun .

8. Virtual Reality .

Virtual reality adalah salah satu teknologi yang sudah lama diimpikan oleh para pecinta teknologi , jika di telusuri mulai dari tahun 1980 . Tapi sekarang virtua; reality mulai menjadi kenyataan .

Nama terbesar di bida virtual reality ada ocolus , yang sudah merencanakan untuk meluncurkan headset ikoniknya , Rift di tahun depan . Tapi ada juga beberapa nama lain yang mulai mengembangkan konsep ini , ,mulai dari perusahaan kecil seperti avegant hingga perusahaan besar seperti sony .

Kendala terbesar dari pengembangan teknologi ini adalah kecepatan yang dibutuhkan alatnya untuk menciptakan gambar yang sesuai dengan gerakan pengguna tapi , pengembang virtual reality sedang mengembangkan cara untuk mengatasi hal ini .

Virtuality bukan hanya untuk game . Petugas medis bisa menggunakannya untuk pendidikan ataupun persiapan operasi , Arsitek dapat menggunakannya untuk menciptakan proyek dalam tampilan 3D yang impresif.Pertemuan bisnis dan proses pengajaran dapat dilakukan tanpa harus bertemu satu sama lain .

9. Beberapa Komputer , Satu Sistem .

Perbedaan antara telepon , tablet dan laptop menjadi semakin tidak terlihat , Microsoft Surface Pro , Lnovo Yoga , dan Asus Transformer adalah contohnya . Telepon berukuran tablet berukuran telepon , laptop dengan desain mobile dan perangkat mobile dengan fungsi layaknya laptop juga merupakan contohnya .

Karena perkembangan yang semakin menyatu ini , masuk akal bial Microsoft menciptakan sistem operasi terbarunya (Windows 10) untuk semua perangkat , jadi , PC , Windows Phone , dan bahkan Xbox akan menggunakan sistem operasi yang sama , yaitu Windows 10 .

Apple agak ragu untuk menggabungkan sistem operasi PC-nya (OS X) dengan sistem operasi mobilenya (IOS) . Tapi hal ini tidak menghentikan Apple untuk memfasilitasi pengembangan secara cross-platform , sebagai contoh , fitur ”Continulity” di OS X 10.10 mengijinkan pengguna yang mempunyai IPHONE atau IPAD untuk melihat dan merespon notifikasi mobile dari PC .

Android menawarkan fitur yang sama tetapi hanya untuk komputer yang menggunakan Chrome OS di komputer maka anda dapat memanfaatkan Pushbullet .

semua ini menambahkan fakta bahwa gadget di 2020 tidak akan ditentukan oleh umurannya ataupun sistem operasinya . Gadget atau komputer dimasa depan akan berfungsi sebagai otak dari ekosistem komputer dimana telepon , laptop , dan tablet adalah setara .

10. Internet Yang Benar-benar Global .

Jika menurut anda internet itu merupakan hak asasi manusia (beberapa negara juga mulai memikirkan hal ini) , maka anda harus mencari cara agar bisa menggunakannya kapanpun dan dimana pun , saat ini hanya ada 2 metode (broadband dna nirkabel) , keduanya masih terbatas untuk mengakses area terpencil karena dibutuhkan infrastruktur yang memadai .

jadi kenapa tidak memancarkan internet ke area terpencil ?

Ini kedengarannya seperti fiksi ilmiah , tapi sebenarnya tidak , Google percaya bahwa ia bisa mengirimkan internet nirkabel dengan kecepatan 3G ke daerah terpencil dengan proyeknya yang bernama proyek loon , bagaimana ? Dengan cara melepaskan balon khusus setinggi 20mil ke atmosfer dan membangun jaringan internet nirkabel di udara , Google juga berencana untuk mengirimkan 180 satelit yang akan mengorbut bumi dan memancarkan internet ke negara berkembang .

Facebook juga berencana untuk membuat pesawat tanpa awak bertenaga matahari yang akan terbang mengelilingi bumi non-stop dalam setiap beberapa bulan atau beberapa tahun ”menyirami” bumi dengan akses internet .

Kesimpulan .

Di 2020 , kita akan menemui teknologi-teknologi spektakuler seperti tampilan holografis visual reality , teknologi 4K yang sama di semua komputer dan gadget , dan internet yang benar-benar global yang sudah menjadi umum di masyarakat .

tapi ingat semua hal tersusun dari 2 sisi yaitu baik dan buruk , semua kemajuan teknologi di atas pasti memiliki sisi buruk , Teknologi 4k yang makin umum akan membuat mata kita lelah karena resolusinya yang tinggi , visual reality bahkan dapat membuat kita lupa akan dunia yang nyata , da mudah nya akses internet menyebabkan percepatan globalisali , yang tentunya akan mengikis budaya kita .

Internet dan virtual reality dengan mudah memuaskan kebutuhan sosial kita kadang terlalu banyak sehingga kita akan menarik diri dari masarakat .

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *